Siapakah wanita dengan pesona langit? Wanita cantin lagi shalihah bukan? Tidak, wanita dengan pesona langit tak ada hubungannya dengan fisik. Bukan pesona fisiknya yang membuat cahayanya tembus hingga pada penduduk langit. Keshalihan dan ketakwaannya lah yang membuat penduduk langit pun sampai mengucapkan salam untuknya.

Wanita dengan pesona langit bukan sembarang wanita dan tidak sama dengan wanita lainnya. Saat wanita lain menjadi isteri seorang pemimpin, seorang pejabat, ia akan hidup nyaman tak berkurang.

Namun, wanita-wanita dengan pesona langit justru harus berkorban bahkan hingga harta berlimpah yang dimilikinya dihabiskannya untuk membantu suaminya. Ketika wanita lain dapat meminta tambahan nafkah, wanita-wanita dengan pesona langit justru diberi pilihan untuk bercerai atau memilih akhirat.

Merekalah para isteri Rasulullah wanita-wanita dengan pesona langit. Ketakwaan mereka dan pengorbanan mereka di sisi Rasulullah membuat mereka tidak seperti wanita lainnya.
Rasulullah memang memiliki isteri lebih dari empat, mengapa Rasulullah tidak membatasi empat sesuai syariat? Karena perintah untuk membatasi isteri hingga empat turun setelah Rasulullah menikah dengan isteri-isterinya. Dan isteri-isteri Nabi setelah itu tidak boleh di cerai.

Rasulullah menikahi isteri-isterinya tidak semata karena suka layaknya kita menikah dengan pasangan kita. Pernikahan Rasulullah antara lain karena wahyu, alasan sosial dan juga politik. Pernikahan alami Rasulullah hanya terjadi dengan Khadijah.

Pernikahan Rasulullah dengan alasan sosial yaitu dengan Saudah yang mengasuh keempat puteri Rasulullah. Pernikahan dengan Hafsah dilakukan sebagai penghormatan terhadap ayahnya Usman bin Affan. Zainab binti Khuzaimah dinikahi karena beliau janda dan ibunda kaum miskin, begitu pun dengan Ummu Salamah yang dinikahi karena beliau janda yang suaminya syahid serta memiliki anak banyak.

Pernikahan Nabi karena wahyu dari Allah adalah pada Aisyah dan Zainab binyi Jahsy. Pernikahan politik Nabi adalah dengan Juwariyah puteri penguasa Bani Mushthaliq, Ummu Habibah puteri Abu Sufyan pembesar Quraisy, Syafiyah tawanan Bani Israil dari Khaibar, dan Maimunah untuk merekatkan antara Bani Hasyim dan Bani Makhzum. Inilah wanita-wanita dengan pesona langit. []

Sumber: Ruangmuslimah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here