Waktu demi waktu ketika seorang ibu memasuki tahap akhir, dipenghujung penantian pastilah banyak yang dinanti dan diimpikan. Memasuki usia kehamilan 33 minggu, semakin banyak keajaiban yang terjadi pada tubuh calon ibu dan juga janin.

Apa saja yang harus ibu tahu dan persiapkan pada usia kehamilan ini? Ada 10 fakta mengenai janin 33 minggu berikut ini.

1. Ukuran tubuh janin
Pada usia 33 minggu, ukuran tubuh janin dari kepala hingga ujung kaki adalah 41-44 cm. Berat janin saat usia ini dapat mencapai 2 kilogram. Ukuran tubuh janin tentunya akan semakin berkembang seiring pertumbuhannya menjelang momen persalinan.

2. Organ internal telah terbentuk
Organ internal janin seperti jantung dan hati telah terbentuk dengan sempurna. Organ-organ ini dapat bekerja dengan baik dan siap digunakan oleh janin. Saat usia janin 33 minggu, paru-paru juga sudah terbentuk meski belum sempurna. Pada usia ini, jika terjadi kelahiran, harapan hidup bayi sudah cukup tinggi karena organ-organ ini mampu mendukung kehidupan bayi di dunia luar.

3. Kepala janin menghadap bawah
Umumnya, posisi janin saat usia 33 minggu telah menghadap ke bagian bawah. Posisi kepala janin saat ini telah berada di bagian bawah rahim untuk mempersiapkan minggu-minggu kelahiran. Meskipun demikian, ada juga janin yang masih berubah-ubah posisi kepalanya. Tidak apa-apa kok, mom, sebab proses ini membutuhkan waktu dan janin tentu masih aktif bergerak.

4. Puncak perkembangan otak
Perkembangan otak mencapai puncaknya pada minggu-minggu ini. Saraf otak yang menunjang proses kerja otak terbentuk dengan pesat di minggu ke 33 usia janin. Oleh karena itu, ibu sebaiknya memberikan lebih banyak stimulasi untuk perkembangan otak janin. Perkembangan otak yang pesat ini juga berpengaruh pada ukuran kepala janin. Ukuran kepala janin meningkat 1,3 cm hanya pada minggu ini saja.

5. Tulang semakin mengeras
Tulang-tulang pada tubuh janin kini mengeras ketika memasuki usia 33 minggu. Itu artinya, janin kini semakin kuat dan sehat karena tubuhnya ditopang dengan baik. Meski demikian, bagian tengkorak kepala janin masih lentur dan masih belum menyatu. Hal ini untuk memudahkan janin melalui jalan lahir saat proses kelahiran nantinya. Oleh karena itu tingkatkan terus asupan kalsium dan fosfor agar tulang janin dapat tumbuh dengan baik.

6. Terdapat lemak di bawah kulit janin
Jaringan lemak telah berkembang pada janin. Tak hanya itu, lemak ini sudah mulai bisa diolah oleh tubuh bayi menjadi energi. Maka tidak perlu heran jika pergerakan bayi semakin meningkat pada usia ini. Bukan hanya itu, adanya lemak di bawah kulit akan membuat janin memiliki kulit yang lebih mulus dan halus.

7. Indera telah berfungsi
Penglihatan janin telah berfungsi pada usia 33 minggu. Di dalam rahim, janin juga sudah mulai bisa merasakan gerakan jari-jarinya sendiri dan mengecap rasa air ketuban. Rajin-rajin mengajak janin berinteraksi, mom, sebab janin juga sudah bisa mendengarkan detak jantung bunda dan juga suara-suara dari dunia luar. Tak ada salahnya mengajak janin berbicara, memperdengarkan musik yang merangsang perkembangan otak, atau membacakan buku.

8. Waktu yang tepat untuk senam hamil
Apakah ibu ingin melakukan persalinan normal? Kehamilan di usia 33 minggu merupakan waktu yang tepat untuk memulai senam hamil. Sebab, senam hamil melatih para calon ibu untuk mendukung persalinan normal. Banyak calon ibu yang mulai senam hamil pada usia kehamilan 7 bulan, namun jika Anda baru melakukannya pada usia kehamilan ini, tidak masalah kok.

9. Ambil cuti hamil
Bagi para calon ibu yang juga merupakan wanita karier, umumnya mendapatkan cuti hamil dari pekerjaan. Usia kehamilan 33 minggu sebaiknya sudah mulai fokus mempersiapkan diri untuk persalinan, sehingga ini waktu yang tepat untuk mengambil jatah cuti Anda. Perbanyak relaksasi juga pada usia janin 33 minggu agar tubuh ibu tidak stres. Dengan persiapan yang matang, tentunya persalinan diharapkan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

10. Perhatikan nutrisi Ibu
Nutrisi ibu tentunya menjadi hal yang tak boleh dilupakan. Meski sejak trimester pertama Anda telah memberikan nutrisi terbaik bagi janin, nutrisi lain perlu dicatat dalam menu harian Anda, mom. Pada usia 33 minggu, janin membutuhkan asupan protein dan lemak yang lebih banyak untuk perkembangan jaringan tubuhnya. Jangan hentikan asupan asam lemak dan folat karena otak janin sedang berkembang dengan pesat. Untuk ibu, jangan lupa zat besi dan vitamin agar tubuh tidak terasa lemas.

Itulah 10 fakta mengenai janin 33 minggu yang harus ibu tahu. Selalu jaga kesehatan dan persiapkan persalinan dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat. []

Sumber: Ruangmuslimah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here