Ustaz Abdul Somad (UAS) dikenal sebagai ustaz yang memiliki selera humor tinggi. Di sela-sela isi ceramahnya, ustaz jebolan Universitas Al Azhar Mesir ini selalu menyelipkan humor-humor ringan.

Salah satunya ketika Ustaz Somad mengkaji masalah akidah dalam acara tabligh akbar kajian dhuha di Masjid Al-Azhar, Jaka Permai, Bekasi Barat, Sabtu (3/3). Ustaz Somad mengatakan semua kepercayaan yang dimiliki oleh manusia harus didasarkan pada Allah, sehingga tidak ada rasa ketakutan-ketakutan yang tidak perlu yang akan menodai akidah manusia.

“Contoh, ada orang gila yang mau membunuh saya. Saya tidak takut, tidak juga khawatir. Untuk apa? Karena saya percaya nyawa saya milik Allah,” kata Ustaz Somad.

”Ini saya dijaga sama bapak TNI, Polisi dan FPI bukan karena saya takut sama orang gila,” lanjut Ustaz Somad. ”Tapi, saya takut sama ibu-ibu pecinta UAS garis keras,” seloroh UAS yang langsung disambut gemuruh tawa jamaah.

Ustaz Somad pun melanjutkan ceramahnya. Penyakit takut, kata ustaz Somad, memang menjadi hal yang paling membahayakan bagi akidah seseorang. Ketakutan membuat manusia menjadi tidak rasional dan menghalalkan segala cara untuk mengatasi rasa takut tersebut.

Banyak di luar sana lulusan terbaik universitas ternama, namun masih memiliki pemikiran yang tidak rasional. ”Banyak yang masih percaya pada hal-hal klenik atau mistis yang tidak sejalan dengan ajaran Allah,” katanya.[]

Sumber: Republika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here