Ilustrasi

Jika Anda memiliki riwayat kadar gula tinggi atau diabetes mellitus sebaiknya Anda perhatikan juga kesehatan gigi geligi Anda. Jika tidak, saat sakit gigi dan harus dilakukan tindakan pencabutan, tidak memungkinkan dapat dilakukan tindakan tersebut hingga kadar gula darah Anda telah mencapai batas tertentu.

Mengapa demikian? Tindakan pencabutan gigi merupakan tindakan operatif yang meninggalkan luka dan perdarahan yang membutuhkan proses regenerasi alami dalam penyembuhannya. Diabetes Melitus adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh rusaknya sel pada organ pankreas sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon insulin dalam tubuh yang berakibat kadar gula darah menjadi tinggi.

Kadar gula darah yang tinggi merupakan faktor utama penunda penyembuhan luka. Tingginya kadar gula menyebabkan nutrisi dan oksigen tidak sampai pada tingkatan sel. Padahal, dalam proses regenerasi penyembuhan luka, nutrisi dan oksigen sangatlah dibutuhkan. Selain itu, penderita diabetes juga mengalami masalah dengan aktivasi sistem imun yang mengakibatkan rentan terjadi infeksi pada luka pencabutan.

Oleh karenanya, pencabutan gigi hanya dapat dilakukan jika kadar gula darah terkontrol atau telah mencapai batas aman untuk dilakukan pencabutan. Saat gula darah masih tinggi dokter gigi akan menunda tindakan pencabutan dan merujuk pasien ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengatasi kadar gulanya terlebih dahulu.

Pada saat datang berobat ke dokter gigi jangan lupa untuk menyampaikan semua riwayat penyakit yang pernah dialami, termasuk diabetes. Hal ini untuk menghindari komplikasi dari tindakan operatif gigi. Menghindari terjadinya penundaan penyembuhan luka dan sekunder infeksi yang mungkin terjadi. Gula darah tinggi juga mengakibatkan kerusakan sel saraf dan pembuluh darah sehingga rentan terjadinya kelainan gusi pada penderita diabetes. Dibutuhkan kepedulian terhadap kebersihan gigi geligi pada pasien diabetes agar kelainan gusi dan juga gigi dapat dihindari. (*)

Sumber: RadarSurabaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here