Oleh: Siti Farihatin, S.Sos (Pengajar/Pemerhati Anak dan Remaja)

Pasti tahu dunk siapa remaja itu? Pengertian yang paling umum tentang remaja adalah masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Sedangkan dalam Islam remaja adalah siapa saja yang sudah mengalami baligh, bagi laki-laki ditandai dengan mimpi basah dan bagi perempuan yang sudah mengalami haid.

Sobat Muslim, berbicara tentang remaja kebanyakan masyarakat sekarang berfikiran negatif menanggapi masa peralihan ini, karena banyak sekali kasus-kasus yang terjangkiti di masa remaja. Narkoba, seks bebas, bahkan pembunuhan sudah menjadi aktivitas yang viral di kalangan remaja. Semakin canggih telekomunikasi semakin canggih kejahatan yang terjadi di kalangan remaja, padahal mereka adalah generasi “Agent Of Change” dalam keluarga, masyarakat bahkan negara. Apa jadinya kalau generasi ini rusak hanya karena nafsu belaka. Astaghfirullah.

Semua akan rusak apabila remaja mempunyai raport merah dalam setiap kehidupannya, padahal mereka mempunyai tugas yang istimewa dalam keluarga, masyarakat dan negara.
Berikut beberapa raport merah yang disematkan remaja zamn now. Semua ini tidak lepas dari sistem sekuler (pemisahan kehidupan dan agama) yang diterapkan rezim ini. disebutkan, 63% remaja di Indonesia usia sekolah SMP dan SMU pernah melakukan hubungan intim di luar nikah dan 21% sudah pernah melakukan oborsi. Pada tahun 2017 27,23% remaja menggunakan narkoba. Ini sebagian kecil gambaran remaja zaman now, masih banyak raport merah yang lain hedonis, mabuk-mabukan bahkan membunuh sudah menjadi hal yang viral di kalangan remaja.

Kita tinggalkan fenomena yang mengerikan tentang remaja zaman now, mari kita flashback ke masa lalu, masa keemasan, masa di mana remaja mempunyai peran yang sangat luar biasa bagi Islam. Inilah remaja Istimewa, remaja yang senantiasa berjuang di jalan Allah yang menorehkan sejarah luar biasa. Mari kita tengok beberapa remaja istimewa di masa Rosul.

Muhammdad diangkat menjadi Rosul usia 40 tahun, usia yang matang dan tidak muda lagi, tapi sebagian besar pengikut beliau adalah remaja yang tangguh. Muadz bin Amr dan Muawwidz bin Afra’,  mereka yang berhasil membunuh Abu Jahal. Usia para pemuda Islam yang dibina pertama kali oleh Rasulullah saw di Daarul Arqaam pada tahap pembinaan, antara lain, Yang paling muda yaitu Ali bin Abi Thalib dan Zubair bin Al-Awwam (8 tahun), Thalhah bin Ubaidillah (11 tahun), Al-Arqaam bin Abil Arqaam (12 tahun), Abdullah bin Mazh’un (17 tahun) dan masih banyak yang lain.

Banyak pula sahabat Nabi Saw yang berusia muda menjadi pemimpin perang.Usamah bin Zaid diangkat oleh Nabi Saw sebagai komandan pasukan kaum Muslimin menyerbu wilayah Syam (saat itu merupakan wilayah Rom) dalam usia 18 tahun. Di antara prajurit terdapat orang yang lebih tua, seperti Abu Bakar, Umar bin Khathab, dan lain-lainnya.
Allahu Akbar….!!! sungguh sangat luar biasa generasi istimewa masa Rosul, kita sebagai generasi muda masa kini harus bisa mengaca dan menjadikan mereka tauladan untuk menjadi pejuang di jalan Allah, tidak hanya menjadi remaja pembebek bahkan menjadi remaja penghuni neraka. Na’udzubillahi min dzalik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here