Tim Klarifikasi dan investigasi bentukan Disdik Jabar telah menyelesaikan tugasnya menyelidiki kebocoran soal dan jawaban USBN SMA/SMK se Jawa Barat.

Ketua Tim Klarifikasi dan investigasi Husein R Hasan sudah melaporkan hasil kerjanya ke Disdik Jabar, dan hari ini, Senin (16/4) tim membuat laporan ke Komisi V DPRD Jabar.

Di DPRD Jabar, tim diterima Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Yomanius Untung dan dr Ikhwan Fauzi di ruang rapat Komisi V.

“Dari lima sekolah yang dikunjungi. Secara umum, tidak ditemukan adanya kebocoran. Hanya ada satu siswa SMAK Yahya yang dapat bocoran. Dan itupun hanya soal untuk Mapel (matapelajaran) geografi,” kata Hasan.

Dijelaskan Hasan, dalam menjalankan kerjanya tim berkunjung ke SMAN 3, 5, 16, 20 dan SMAK Yahya.

Sekolah tersebut, menurut Husen memang menerima kabar adanya kebocoran soal, dari mass media. Oleh karenanya segera dilakukan langkah antisipasi.

Pada saat pelaksanaan USBN mata pelajaran Geografi, ditemukan salah seorang siswa yang membawa HP dan berisi soal-soal USBN.

Soal tersebut berasal dari sebuah grup line, yaitu grup repro majalah provoke. Grup tersebut mempunyai jaringan seluruh sekolah di Kota Bandung.

SMAN20 mendengar kabar adanya kebocoran soal Bahasa Sunda dan PKWU, dan soal tersebut langsung diganti karena soal tersebut adalah soal buatan sekolah bukan soal dari disdik Jabar.

“Hasil ujian juga menggambarkan kurva normal, nilai menyebar dari kecil ke besar, ada yang memperoleh nilai 100 tetapi tidak banyak,” jelas Husein.

SMAN 16 juga mendengar kabar adanya kebocoran dari mass media oleh karenanya semua peserta ujian diberi pengarahan untuk tidak mempercayai kabar tersebut, selain itu juga hp tidak boleh masuk ruang ujian.

Tidak hanya itu, sekolah juga berinisiatif membuat dua paket soal. Satu paket utama menjadi 2 paket soal dengan sistem acak soal.

“Hasil ujian juga menunjukkan kurva normal. Nilai menyebar dari kecil ke besar. Ada yang memperoleh 100 tetapi tidak banyak,” kata Husen. (Ris)

[Swamedium]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here